selamat datang di blog sepatu sitwola

Dapatkan discount sepatu model terbaru di sini

Jumat, 01 April 2011

Batu Besar


BATU BESAR
Suatu hari seorang mubaligh sedang memberi ceramah tentang manajemen waktu pada para jamaah muda mudi. Dengan penuh semangat ia berdiri depan mimbar, tiba- tiba dia mengeluarkan sebuah ember kosong dan meletakannya di meja.
Kemudian ia mengisi ember tersebut dengan batu sebesar sekepalan tangan. Ia mengisi terus hingga tidak ada lagi batu yang cukup untuk dimasukan ke dalam ember.
Ia bertanya pada jamaah,” Menurut kalian ,apakah ember ini telah penuh?” semua jamaah serentak berkata,”ya!” mubaligh bertanya kembali, “sungguhkah demikian?”kemudian, dari dalam meja ia mengeluarkan sekantung kerikil kecil.Ia menuangkan kerikil- kerikil itu ke dalam ember lalu mengocok ngocok ember itu sehingga kerikil itu turun ke bawah mengisi celah- celah kosong di anatara batu- batu.
Kemudian, sekali lagi ia bertanya pada jamaah”nah, apakah ember ini sekarang sudah penuh?” kali ini jamaah terdiam. Seseorang menjawab,” mungkin tidak.” Bagus sekali,” sahut mubaligh. Kemudian ia mengeluarkan sekantung pasir dan menuangkannya ke dalam ember. Pasir itu berjatuhan mengisi celah- celah kosong antara batu dan kerikil.
Sekali lagi, ia bertanya pada jamaah,” baiklah, apakah ember ini sudah penuh?” Belum!” sahut seluruh jamaah. Sekali lagi ia berkata,”Bagus. Bagus sekali.”
Kemudian ia meraih sebuah botol air dan mulai menuangkan airnya ke dalam ember sampai ke bibir ember. Lalu ia menoleh ke jamaah dan bertanya,” Tahukah kalian apa maksud ilustrasi ini?” Bila anda tidak memasukan batu besar terlebih dahulu, maka anda tidak  bisa memasukan semuanya.”
Apa yang di maksud dengan “batu besar” dalam hidup anda, yaitu:
Hal- hal yang penting dalam hidup anda seperti beribadah, beramal, dan taat pada aturan- aturan agama
Anak- anak anda, pasangan anda, pendidikan anda, Mengajarkan sesuatu pada orang lain, melakukan pekerjaan yang kita cintai, waktu untuk sendiri kesehatan anda, teman anda, itulah batu besar kehidupan kita.
Ingatlah untuk selalu memasukan “ batu besar” pertama kali  atau anda akan kehilangan semuanya. Bila anda mengisi dengan hal- hal kecil terlebih dahulu, maka hidup anda akan penuh dengan hal- hal kecil yang merisaukan dan ini semestinya tidak perlu.
KEKUATIRAN tidak akan menghilangkan KESULITAN di hari esok…, namun menghilangkan KEDAMAIAN kita pada hari ini….,karena dengan demikian anda tidak akan pernah memiliki waktu yang sesungguhnya kita perlukan untuk hal- hal besar dan penting.
Oleh karena itu, tanyalah pada diri sendiri:” apakah `batu besar` dalam hidup saya?” lalu kerjakan itu pertama kali.. Niat baik jangan di tunda, lakukan semua menurut prioritasnya dahulu.

Tidak ada komentar: